Gaya Konsep Taman

Gaya Konsep Taman

Tak bisa dipungkiri bahwa nilai dari sebuah taman adalah mengenai bentuk dan konsep desain taman itu sendiri.

Maka tak ada salahnya kita selalu update terkini mengenai perkembangan konsep dan desain taman.Sehingga menghasilkan sebuah bentuk taman yang baik.

Gaya Desain Taman #1

tukang taman jogja

 

Ada beberapa jenis gaya desain dari sebuah taman yang sudah sepatutnya bisa menjadi bahan rujukan bagi Anda sebelum membuat taman di halaman rumah.

Berikut ini penjelasan dari gaya desain taman :

  • Taman Gaya Jepang

Sesuai dengan namanya,taman ini memang sangat kental dengan nuansa Jepang.Hal ini terbentuk dari berbagai elemen-elemen pelengkap,pola taman,dan kontur lahannya.

Taman Jepang tidak menonjolkan banyak warna.Suasana yang tercipta cenderung sangat natural,alami dan sangat simpel.Tanaman yang sering dipakai bernuansa hijau dan bertekstur halus,seperti cemara udang,kucai mini,dan rumput jepang.Elemen keras yang terdapat pada sebuah taman umumnya terbuat dari batu,misalnya rumah lampu yang berbentuk sangat khas.Selain itu,taman ini terdapat batu alam yang diletakkan pada sudut-sudut tertentu.Hadirnya elemen air dalam bentuk sungai-sungai kecil berbatu atau kolam kecil bergaya natural,sangat menunjang nuansa Jepang pada taman.

  • Taman Gaya Bali

Taman gaya Bali sangat menonjol dibandingkan dengan tipe tradisional lainnya di Indonesia.Peminat taman gaya ini bukan hanya masyarakat awam/umum tapi lebih banyak ke turis mancanegara.Dan kebanyakan mereka hanya bersifat berlibur yang menikmati pemandangan alam di Bali,atau memang sudah menetap di Indonesia.Sehingga mereka membawa sebuah konsep gaya taman dari pemandangan di Pulau Dewata.

Taman bali terkesan sangat natural dan mempunyai makna historis,filosofis dan sangat kental akan nilai-nilai budaya dari masyarakat Bali.

Tanaman yang digunakan pun cukup bervariasi dan sangat beragam dari segi tekstur tanaman tersebut.

Namun,warna yang dominan tetap hijau dengan aksen warna merah,jingga,kuning dan putih.Yang umumnya diperoleh dari kembang sepatu atau kamboja.

Kedua tanaman tersebut hampir selalu digunakan pada konsep pembuatan taman bali.Selain itu juga terdapat satu jenis tanaman yang sangat identik dengan bali yaitu pandan bali.Elemen yang lain yang selalu menghiasi taman bali adalah stupa,pundi-pundi dan gapura yang sangat menunjang bagi keseimbangan pada konsep taman bali.

Tak ketinggalan juga,elemen air seperti kolam,pancuran atau air mancur yang sangat identik dan sulit dipisahkan dari taman bali.

 Gaya Desain Taman #2

  • Taman Gaya Mediterania

Taman ini sesuai dengan namanya memang berkonsep menyesuaikan kondisi iklim yang keras dan panas.Taman mediterania dipenuhi oleh berbagai jenis tanaman.

Contoh tanaman yang sering digunakan pada konsep taman ini adalah kaktus,agave,dan tanaman lainnya yang sedikit membutuhkan air.

Elemen batu berwarna pucat dengan berbagai ukuran,banyak digunakan sebagai kombinasi pelengkapnya.Tanah yang masih terlihat,selain dapat ditutupi dengan groundcover juga sering ditutupi dengan pasir dan kerikil-kerikil kecil berwarna krem.Taman ini memang terlihat lebih kaku,namun kelebihan taman ini adalah perawatannya yang minimalis,sedikit pemangkasan dan sedikit membutuhkan konsumsi air.

  • Taman Gaya Eropa

Taman ini mempunyai pola yang formal dan simetris.Sebagian elemen terpilih adalah tanaman pangkas yang dapat dibentuk mengikuti pola formal.

Sebagian lagi ialah tanaman yang terbentuk secara teratur dengan sendirinya,dan dapat dijadikan sebagai pengarah jalan dan tanaman yang berwarna menarik sebagai aksen.

  • Taman Gaya Amerika

Amerika merupakan sebuah negara atau benua empat musim.Di wilayah tersebut banyak terdapat tanaman semusim yang umumnya langsung mati setelah berbunga.

Tanaman ini banyak memiliki bunga dengan bentuk dan warna yang sangat menarik.Sehingga taman gaya amerika ini terkenal dengan polanya yang terkesan tidak teratur dan alami.

tukang taman jogja
tukang taman jogja

Komponen Pelengkap Taman

Tak dipungkiri bahwa taman sangat penting keberadaanya bagi sebuah rumah maupun bagi lingkungan.Hal ini tercermin dari banyaknya konsep taman yang selalu menawarkan sejuta keindahan.

Untuk menjadikan sebuah taman yang baik,maka diperlukan sebuah elemen atau komponen pelengkapnya.Sehingga sejuta keindahan yang ditawarkan akan dapat dioptimalkan.

Berikut ini kami sajikan ulasan dari komponen pelengkap taman :

  • Softscape 

Softscape adalah salah satu komponen taman yang sangat penting pada saat akan membuat taman .

Sebab tanpa menghadirkan komponen ini taman tak bisa dibuat dengan sempurna.

Lebih gampangnya arti dari softscape adalah elemen tanaman yang digunakan saat akan membuat sebuah taman.

  • Hardscape

Merupakan sebuah komponen tambahan atau sebuah ornamen yang dibuat pada bagian perkerasan taman.Contohnya,yaitu berupa tebing,kolam dan batu koral hias.

  • Artscape

Ini merupakan hasil akhir dari pengerjaan taman,yang mana artscape juga disebut sebagai penerapan konsep taman yang mengarah kepada penyesuaian.

Penyesuaian ini lebih ditujukan kepada bangunan dan jenis tanaman yang akan digunakan sebagai pemanis sebuah taman.

Jasa Taman di Jogja sangat memahami akan nilai-nilai yang terkandung dari sebuah taman.Sehingga kami selalu detail dalam merancang konsep dan gaya desain dari sebuah taman.

Karena hal ini sangat menentukan bagaimana hasil akhir dari sebuah pengerjaan taman.Dan kunci yang paling kami utamakan adalah kepuasan konsumen.

Dalam hal desain gaya taman kami mempercayakan kepada kalangan profesional yang tentunya sudah paham betul akan bagaimana sebuah taman di konsep dengan baik dan benar.

tukang taman jogja
tukang taman jogja

Jasatamandijogja.com siap mengerjakan taman sekaligus kolam relief koi.Handal,terdepan,profesional dan terpercaya.Jadi jangan ragu kepada kami.

Baca Juga : http://jogjatukangtaman.com

Kami juga melayani jasa survei dan konsultasi gratiiiiis…

Segera hubungi kami di :

-Website     : http://Jasatamandijogja.com

-Facebook  : Muzam Hasbalah/Tukang Taman Pro

-Instagram :tukangtaman4

–SMS/Telp  : 0823- 2775- 3057

-Whatsapp  : 0823- 2775- 3057

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Hallo, Ada yang bisa kami bantu?
Hallo,

Ada yang bisa kami bantu?
Powered by